expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 06 Mei 2015

KEBIASAAN 2



KEBIASAAN 2
MERUJUK PADA TUJUAN AKHIR
”kendalikanlah takdirmu sendiri kalau tidak mau dikendalikan orang lain”
Merujuk pada tujuan akhir atau mulailah dengan mengingat-ingat tujuan akhirmu maksudnya adalahke kita memulai mengingat-ingat tujuan akhir itu. Pasti kamu gambar cetak biriunya dulu sebelum bangun rumahkan, pasti kamu baca resepnya dulu sebelum membuat kuekan. Pasti kamu buat outline (garis besar) nya dulu sebelum nulis skripsikan. Itu kan bagian dari hidup.
Mengapa sih begitu penting kita punya tujuan akhir??? Akan saya beri alasan yang pertama adalah karena kamu berada di persimpangan jalan, dan jalan yang kamu pilih sekarang akan mempengaruhimu selamanya. Alasan kedua adalah bahwa kalau kamu tidak memutuskan masa depanmu sendiri, maka orang lainlah yang akan memutuskan masa depanmu.
v  Persimpangan jalan kehidupan
Marilah kita telaah alasan yang pertama. Kamu masih muda. Kamu bebas. Seluruh hidupmu terpampag di hadapanmu. Kamu berdiri dipersimpangan jalan kehidupan dan kamu harus memilih jalannya:
Apa kamu akan meneruskan kuliah atau langsung mencari nafkah?
Bagaimana sikapmu terhadap kehidupan?
Tipe teman seperti apakah yang kamu inginkan?
Siapa yang akan kamu kencani?
Nilai-nilai apa yang akan kamu pilih?
Apa yang akan kamu bela?
Jaln apa yag akan kamu pilih hari ini bisa membentukmu selamanya. Sungguh menakutkan sekaligus seru, bahwa kita harus membuat begitu banyak keputusan penting padahal kita masih begitu muda tetapi memang begitulah hidup ini. Bayangkan seutas tambang sepanajang delapan puluh kaki terpampang didepanmu. Setiap kali mewakili setiap tahun usiamu. Masa remaja hanya tujuh tahun, begitu singkat tetapi ketujuh tahun ini mempengaruhi enam puluh satu sisanya, demi kebaikan ataupun keburukan, dengan cara yang sangat ampuh.
Memiliki tujuan akhir juga oenting harus adanya pernyataan misi pribadi. Caranya adalah dengan menulis sebuah pernyataan pribadi atau moto pribadi yang menyartakan seperti apakan hidupmu. Pernyataan misi pribadi adalah seperti cetak biru hidupmu. Berikut contoh misi pribadi:
Region (Agama)
Education (Pendidikan)
Succeeding (Meraih sukses)
Productive (Prodktif)
Exercise (Olahraga)
Ccaring (Mempedulikan orang lain)
Truthful (Jujur)
Jadi, apa sih pernyataan misi tertulis bagimu? Banyak. Yang terpenting adalah matamu akan terbuka, apa yang paling penting bagimu dan kamu akan terbantu dalam mengambil keputusan.
v  Menentukan hidupmu sendiri
Tidak ada yang mau hidupnya di kendalikan orang lain, jadi kita di tuntut untuk bisa mengendalikan hidupnya dengan baik. Kita sudah ada hak masing-masing dalam menentukan hidup kita mau seperti-seperti apanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar